Kumpulan Artikel Tentang Senjata

Selasa, 20 Oktober 2020

Senjata Celurit Madura

Pin Di Celurit Madura

Pin Di Celurit Madura

Celurit Senjata Seni Antik

Celurit Senjata Seni Antik

Celurit Senjata Tradisional Yang Berbilah Melengkung Pisau Indonesia

Celurit Senjata Tradisional Yang Berbilah Melengkung Pisau Indonesia

Celurit Senjata Tradisional Yang Berbilah Melengkung Pisau Indonesia

Sedangkan bagi belanda celurit disimbolkan sebagai senjata para jagoan dan penjahat.

Senjata celurit madura. Hal ini muncul di kalangan orang orang madura sejak zaman penjajahan belanda abad 18 m. Tindakan penjajah tersebut memimbulkan kemarahan orang orang madura dan mulai berani melakukan perlawanan pada penjajah dengan senjata andalan meraka adalah celurit. Meski banyak orang menghubungkan se. Clurit atau celurit merupakan senjata tradisional yang berasal dari daerah madura jawa timur.

Senjat clurit ini dijadikan sebagai senjata khas dari suku madura yang biasa dipakai sebagai senjata carok. Saking populernya celurit kerap diidentikkan dengan berbagai tindak kriminal. Senjata tajam yang berbentuk melengkung ini begitu melegenda. Sabit juga digunakan sebagai bagian dari simbol.

Sejak dahulu kala hingga sekarang hampir setiap orang di tanah air mengenal senjata khas etnis madura ini. Senjata tajam berbilah melengkung ini erat kaitannya dengan budaya carok di madura. Senjata tradisional ini memiliki bilahnya berbentuk melengkung bentuk bilah inilah yang menjadi ciri khasnya. Celurit menjadi senjata khas suku madura yang biasa digunakan sebagai senjata carok.

Pada umumnya senjata ini runcing pada bagian ujungnya dan mimiliki pegangan tangan sekitar 20 cm. Sehingga celurit mulai beralih fungsi menjadi simbol perlawanan simbol harga diri serta strata sosial. Clurit diyakini berasal dari legenda pak sakera sakerah seorang mandor tebu dari pasuruan yang menjadi salah satu tokoh perlawanan terhadap penjajahan belanda. Bahwa kalau ada persoalan perselingkuhan perebutan tanah dan sebagainya.

Celurit digunakan sakera sebagai simbol perlawanan rakyat jelata terhadap penjajah belanda. Senjata clurit ini mempunyai bilah yang berbentuk melengkung dan bentuk inilah yang menjadi ciri khasnya. Senjata ini dapat ditemukan di seluruh pulau. Senjata ini tidak dapat dipisahkan dari tradisi dan kebudayaan masyarakat madura sampai saat ini.

Di madura celurit berkaitan erat dengan budaya carok yaitu perkelahian antarlelaki yang biasanya dilakukan ketika seseorang merasa dipermalukan atau harga dirinya dilecehkan. Celurit atau clurit merupakan senjata tradisional khas madura. Senjata merupakan senjata yang melegenda karena pada zaman dulu biasa digunakan oleh seorang tokoh yang bernama sakera. Carok dan clurit laksana dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

Senjata clurit pada umumnya memiliki bilah melengkung yang memiliki mata pisau pada sisi bagian dalam. Beliau dikenal tak pernah meninggalkan celurit dan selalu membawa mengenakannya dalam. Celurit menjadi senjata khas suku madura yang biasa digunakan sebagai senjata carok senjata ini sudah melegenda sebagai senjata yang biasa digunakan oleh tokoh bernama sakera masyarakat madura biasanya memasukkan khodam sejenis makhluk gaib yang menempati suatu benda ke dalam celurit dengan cara merapalkan doa doa sebelum carok. Celurit senjata khas masyarakat madura jawa timur bagi masyarakat madura celurit tak dapat dipisahkan dari budaya dan tradisi mereka hingga saat ini.

If you re looking for Senjata Celurit Madura you've come to the perfect location. We have 6 graphics about senjata celurit madura including pictures, photos, pictures, backgrounds, and much more. In such web page, we also have variety of graphics out there. Such as png, jpg, animated gifs, pic art, logo, black and white, transparent, etc

Senjata Tradisional Khas Madura Celurit Kembang Turi Parang Sabit Pedang Bulan Sabit Youtube Di 2020 Bulan Youtube

Senjata Tradisional Khas Madura Celurit Kembang Turi Parang Sabit Pedang Bulan Sabit Youtube Di 2020 Bulan Youtube

Jual Celurit Clurit Khas Madura Pisau Indonesia Wa 087720001010 Postkantoor

Jual Celurit Clurit Khas Madura Pisau Indonesia Wa 087720001010 Postkantoor

Celurit Senjata Tradisional Yang Berbilah Melengkung Senjata Pisau Indonesia

Celurit Senjata Tradisional Yang Berbilah Melengkung Senjata Pisau Indonesia

If the posting of this internet site is beneficial to our suport by expressing article posts of this site to social media marketing accounts that you have got such as Facebook, Instagram among others or may also bookmark this website page while using title Celurit Senjata Tradisional Yang Berbilah Melengkung Senjata Pisau Indonesia Work with Ctrl + D for laptop or computer devices with Glass windows operating system or Command word + D for laptop devices with operating-system from Apple. If you use a smartphone, you can also use the drawer menu in the browser you utilize. Whether its a Windows, Macintosh, iOs or Android operating system, you'll be in a position to download images utilizing the download button.


0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer